Sabtu, 22 Februari 2014

Seleksi CPNS Kemenkeu 2013

Sedikit cerita tentang Rekruitmen Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan 2013....


Berbeda dengan cerita-cerita sebelumnya yang berhubungan dengan hukum, kedepannya saya akan banyak bercerita tentang Perpajakan, karena beberapa bulan lalu saya diterima kerja di Kemenkeu Ditjen Pajak so kedepannya mungkin saya akan banyak share terkait hukum pajak aja. Memang sedikit nyasar saya yang berpendidikan hukum bisa bekerja di Kemenkeu yang notabene merupakan kementerian yang menjadi impian para sarjana ekonomi.
Sudah 2 tahun (2011-2012) pemerintah tidak melakukan rekruitmen PNS baik di lembaga eksekutif maupun yudikatif dikarenakan adanya perbaikan sistem rekruitmen yang dilakukan oleh Kemenpan. Kementerian Keuangan pun terkena dampaknya. Kementerian Keuangan (KK) terpaksa menghentikan penerimaan siswa STAN selama 2 tahun juga, begitupula dengan lulusan STAN yang sekarang tidak bisa langsung diterima menjadi pegawai di KK setelah mereka lulus dari STAN karena harus mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang dilakukan oleh Kemenpan.
Sumber daya manusia Kementerian Keuangan selain dari STAN juga berasal dari lulusan perguruan tinggi lain, baik D3 maupun S1. Pada tahun 2013 ini KK kembali membuka kesempatan pada lulusan D3 dan S1 dari perguruan tinggi diluar STAN, nah saya termasuk salah satu orang dari 212 ribu orang yang mengikuti seleksi penerimaan dari jalur umum ini. Cukup menguras waktu, tenaga dan biaya hingga perjuangan berdarah-darah yang harus dilakukan untuk membuahkan hasil maksimal. Dari banyaknya kementerian yang membuka rekruitmen, tahapan rekruitmen KK lah yang paling panjaang. Ada 5 Tahap yang perlu dihadapi untuk menjadi bakal CPNS di KK. yaitu :
1. Seleksi Administrasi 
Ditahap ini tenang saja, karena apabila kita sesuai dengan kriteria pasti lolos. Pastikan nama di KTP, Izasah dan sertifikat TOEFL sama, kalo namanya panjang jangan sampai berbeda di singkatan nama karena sistem yang dipakai memakai komputerisasi. Kalo tidak salah pada tahun 2013 ini syarat IPK hanya 3.0 dan syarat TOEFL 450.
Dalam tahap ini kita di perintah untuk memilih penempatan di dirjen apa, kalo tidak salah ada 12 pilihan lembaga yang disesuaikan dengan jurusan anda masing-masing. Pastikan sebelum memilih anda mengetahui lingkup kerja, konsekuensi negatif, dan gaji. Sehingga nantinya apabila sudah diterima tidak kecewa karena salah pilihan. Kata orang pendapatan yang besar ada di dirjen pajak dan beacukai, akan tetapi juga harus siap dengan konsekuensinya apabila diterima di dua lembaga ini karena ada kemungkinan untuk ditempatkan di seluruh Indonesia.

2. Seleksi TKD (Tes Kemampuan Dasar)

Tes Kompetensi Dasar adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, yang meliputi:

a.       Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
o    Pancasila;
o    Undang Undang Dasar 1945;
o    Bhinneka Tunggal Ika;
o    Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintahdaerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).
b.      Tes Intelegensi Umum (TIU)
Untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis. Berikut adalah definisinya:
c.       Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Untuk menilai kompetensi pelamar yang terkait:
o    Integritas diri;
o    Semangat berprestasi;
o    Kreativitas dan inovasi;
o    Orientasi pada pelayanan;
o    Orientasi kepada orang lain;
o    Kemampuan beradaptasi;
o    Kemampuan mengendalikan diri;
o    Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
o    Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
o    Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
o    Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
3. Seleksi Psikotes.
Bagaimanakah psikotes pada seleksi tahap ini?
Psikotes diselenggarakan untuk memeriksa psikologis pelamar yang akan menjadi CPNS Kementerian Keuangan, dimana aspek yang diukur adalah :

a.                   Intelegensi;
b.                  Emosi; dan
c.                   Sikap Kerja.

4. Kesehatan dan Kebugaran

Mengapa perlu tes ini?
Kemampuan dan kesiapan jasmani merupakan salah satu unsur yang perlu dimiliki oleh CPNS yang diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumber daya manusia di lingkungan Kementerian Keuangan. Untuk memperoleh CPNS dengan kualifikasi fisik yang memadai, terhadap CPNS perlu dilakukan pengujian kemampuan fisik melalui Tes Kesehatan dan Kebugaran.
Apakah yang tujuan Tes Kebugaran dan Kesehatan?
  • Tes Kesehatan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang kondisi kesehatan, kemampuan fungsi alat indra tubuh dan daya gerak normal dari anggota tubuh yang terdiri atas tangan dan kaki, dengan tujuan untuk dapat ditetapkan CPNS yang memenuhi standar kesehatan fisik yang ditentukan.
  • Tes Kebugaran dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan gambaran umum tentang kekuatan dan tenaga, daya tahan, kesiapan dan kelincahan jasmani CPNS dalam melakukan aktivitas fisik dengan tujuan untuk dapat ditetapkan CPNS yang memenuhi standar kemampuan kesigapan jasmani yang ditentukan.
Bagaimana bentuk tes yang dilakukan?
  • Tes Kesehatan dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan (medical-checkup) oleh tim dokter yang bertugas di lokasi Tes Kesehatan.
  • Tes Kebugaran dilakukan dengan uji fisik, yaitu lari jarak menengah dan sprint.
5. Wawancara
   
    Apa yang membedakan tes ini dengan tes lainnya?
    
Metode yang digunakan pada tahap seleksi ini adalah Wawancara Berbasis Kompetensi, yang merupakan teknik wawancara yang terstruktur dan bersifat menggali untuk mencari, mengumpulkan dan menguji bukti kompetensi kandidat.
Yah itu lah 5 (lima) tahap yang mesti kawan-kawan taklukan untuk bisa menjadi pegawai di Kemenkeu.......

sumber : http://rekrutmen.depkeu.go.id/SeputarRekrutmen.asp

Tidak ada komentar: